What can we help you with?
Cancel
penjual hijab

Keuangan Syariah RI Raih Tingkat Pertama Dunia

Indonesia berhasil meraih peringkat pertama Cambridge Global Islamic Finance Report 2021 dengan skor 83,35 dan disusul oleh Arab Saudi dan Malaysia. Menurut Dr. Humayon Dar, Direktur Jenderal Cambridge Institute of Islamic Finance sekaligus Founder Cambridge GIFR, Indonesia muncul sebagai pemain yang serius dalam industri keuangan Islam global.

Hal ini disebabkan karena Indonesia unggul di hampir semua aspek indikator penilaian, yaitu perbankan syariah, pasar modal syariah, takaful dan retakaful, keuangan mikro Islam, dan lain-lain. Dua hal yang paling menonjol pada keuangan syariah Indonesia adalah perkembangan keuangan sosial syariah dan pasar modal syariah.

Indonesia dinilai mampu mengharmonisasikan program-program pengembangannya dengan komitmen tinggi kementerian dan kolaborasi dengan lembaga-lembaga lainnya. Selain itu, penerbitan sukuk dan inovasi instrumen juga memainkan peran yang besar dalam pengembangan pasar modal syariah. Inovasi instrumen tersebut meliputi inovasi seperti sukuk hijau dan sukuk ritel.

Sumber: Republika