What can we help you with?
Cancel

Program Konkrit dan Terintegrasi dalam Pengembangan Ekonomi Syariah

Pada peresmian Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Jawa 2022, Budi Hanoto selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur menyampaikan bahwa FESyar Jawa mendorong sinergi dan integrasi program. Terdapat tiga program yang diiusung, mulai dari hilirisasi hingga digitalisasi.

Bank Indonesia meluncurkan program Go Global, Go Agriculture, dan Go Digital. Untuk wilayah Jawa sendiri akan ada program hilirasi berupa Hilirisasi Produk Halal untuk Pasar Global untuk program Go Global. Kemudian program Go Agriculture diwujudkan melalui program Social Partnership for Food Security (SHAF), sementara program Go Digital diwujudkan melalui Digitalization for Sharia Economic Develoment (DIGEST).

Untuk tahap awal, program hilirisasi yang dianggap terbaik adalah terkait rempah, mulai dari inkubasi hingga ekspor. Kemudian untuk program SHAF, kolaborasi akan dilakukan dengan Pusat Inkubasi Bisnis Syariah (PINBAS) MUI, Baznas, pondok pesantren, sampai kelompok tani dan ternak. Kemudian untuk program DIGEST, FeSyar Jawa mendorong kolaborasi dan sinergi penyedia jasa layanan teknologi dengan pelaku bisnis syariah melalui penggunaan QRIS maupun BIFast.

(Sumber)