What can we help you with?
Cancel

Wapres Dorong Pemanfaatan Skema Pembiayaan Syariah untuk Transisi Energi

Wakil Presiden, KH Ma’ruf Amin, menilai pentingnya ada berbagai upaya alternatif untuk pembiayaan transisi energi. Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa Indonesia membutuhkan setidaknya 30 miliar dolar AS untuk membiayai transisi energi selama 8 tahun ke depan. Hal ini dikutip kembali oleh KH Ma’ruf Amin pada Islamic Finance as an Innovative Solution for Just Energy Transition di acara Energy Transition Working Group (ETWG) G20 Seminar Series di Grand Hyatt pada hari Selasa, 27 Juli 2022.

KH Ma’ruf Amin menjelaskan bahwa transisi energi berkelanjutan sejalan dengan prinsip-prinsip syariah sehingga salah satu upaya yang dapat dijadikan alternatif pembiayaan adalah pembiayaan dengan skema syariah, salah satunya dana wakaf. Dana wakaf dapat dimanfaatkan untuk mencapai kemaslahatan manusia, apalagi melihat potensi wakaf uang di Indonesia yang mencapai Rp 180 triliun per tahun. Selain itu, sukuk juga memiliki potensi sebagai alternatif lainnya.

Sumber: https://ekonomi.bisnis.com/read/20220728/44/1560062/pendanaan-transisi-energi-seret-wapres-pembiayaan-syariah-jadi-alternatif